Rabu, 17 Desember 2008

KAJENG KLIWON - SANG TIGA BHUCARI

Dalam setiap penanggalan pertemuan Pancawara (Umanis Pahing Pon Wage Kliwon) dengan Triwara (Pasah Beteng Kajeng) diperingati sebagai hari turunnya para bhuta untuk mencari orang yang tidak melaksanakan dharma agama dan pada hari ini pula para bhuta muncul menilai manusia yang melaksanakan dharma. Rerainan Kajeng kliwon diperingati setiap 15 hari sekali pada saat itu kita menghaturkan segehan Macawarna. Maksud dan tujuan menghaturkan segehan ini merupakan perwujudan bhakti dan sradha kita kepada Hyang Siwa ( Ida Sang Hyang Widhi Wasa) telah mengembalikan (Somya) Sang Tigabhucari. Berarti kita telah mengembalikan keseimbangan alam niskala dari alam bhuta menjadi alam dewa (penuh sinar), sedangkan sekalanya kita selalu berbuat trikaya parisudha dan niskalanya menyomyakan bhuta menjadi dewa dengan harapan dunia seimbang.

Dyah Maya Kresna rupanya putih kekuning-kuningan menjadi Sang Batur Kalika. Sang Bajradhaksa menjadi bhuta ijo (berwarna hijau/Sang Bhuta Wilis), Sang Bajrangkara menjadi bhuta abang (berwarna merah/Sang Kala Ranta). Itulah yang disebut Durgga Bhucari, Bhuta Bhucari dan Kala Bhucari. Selain Sang Tigabhucari masih ada jenis bhuta yang sering menganggu manusia dalam melaksanakan dharma agamanya. Para bhuta tersebut ada;

I. Berwujud manusia

1. Bake : bertubuh hitam seperti manusia, selalu muncul tengah malam tingal disemak-semak.

2. Bakis-botong : berwujud manusia kate, berkepala gundul, berkulit putih pucat, dia muncul siang hari, tinggal dirumah manusia yang kosong tanpa penghuni.

3. Memedi : seperti manusia berambut merah seperti api, kulit menyala merah, muncul pada waktu tengah hari bertempat tinggal ditegalan kosong.

4. Papengkah : berwujud manusia dengan perut gendut, besar dan buncit. Muncul pada waktu siang dan malam hari tinggal disembarang tempat.

5. Raregek-tunggek : berwujud gadis cantik tetapi punggungnya terbuka tanpa tulang belakang dan tulang iga (di Jawa disebut Sundel Bolong) sehingga isi rongga dadanya dan isi perutnya kelihatan dari belakang. Dia tinggal di semak belukar, di air terjun, dekat danau, sumur, payau, kuburan sering muncul malam hari.

6. Samar : berbentuk manusia tetapi tanpa lekukan pada bibir atas, berdiam di semak-semak, dan muncul sore hari. Biasanya berkumpul menjadi satu keluarga seperti manusia, sehingga sering disebut wong samar dan hidup seperti manusia tetapi tidak dapat dilihat oleh manusia awam. Sewaktu-waktu jika dia berkehendak dilihat oleh manusia dia akan memperlihatkan dirinya dan bergaul dengan manusia. Di Bali mayoritas wong samar ini bertempat tinggal di daerah Pulaki Buleleng. Pada umumnya wong samar ini bersifat baik.

7. Tonya : berwujud manusia tinggi besar, berdiam di pohon yang rindang dan besar. Paling senang diam dipohon beringin, bunut, kepuh, rangdu dan sejenisnya. Tonya ini jarang berkeliaran tidak pernah pergi jauh dari pohon tempat tinggalnya. Sering muncul pada malam hari, jarang siang hari.

II. Berwujud bagian tubuh manusia

1. Kumangmang : hanya terdiri atas kepala saja dengan rambut seperti menyala. Bertempat tinggal dilapangan terbuka, di tegalan, juga di semak-semak. Jalannya mengelinding seperti kelapa terbakar, muncul siang hari juga malam hari.

2. Lawean : berwujud badan manusia tanpa lengan tungkai dan kepala. Bertempat tinggal di semak belukar tetapi sering juga di rumah-rumah penduduk, muncul pada malam hari, kerap juga muncul siang hari.

3. Tangan-tangan : hanya terdiri atas tangan saja. Jalannya terbang melayang diudara. Bertempat tinggal dirumah penduduk, tempat yang kosong atau semak-semak. Muncul pada waktu malam hari kadang siang hari.

4. Enjek-pupu : terdiri atas paha sampai kaki, hanya sebelah tungkai saja tanpa badan. Kalau berjalan injakan tapak kakinya menimbulkan suara atau bunyi yang halus dan berirama, merindingkan bulu roma. Biasanya muncul malam hari, mengitari pekarangan rumah menyusuri tembok, bertempat inggal dirumah yang kosong.

5. Katugtug : terdiri hanya dari lutut ke bawah. Karena suara atau bunyi injakan kakinya yang khas, yakni tug-tug-tug, maka bhuta ini disebut katugtug. Biasanya muncul pada malam hari, tinggal dirumah yang kosong.

III. Berwujud kerangka manusia

Bhuta jenis ini disebut jerangkong yang terdiri dari rangka yang dapat bergerak, terutama malam hari tinggal ditempat rumah yang kosong.

IV. Berwujud binatang

1. Anja-anja : berwujud binatang berkaki empat berkepala seperti raksasa, mata melotot besar dengan mulut lebar bertaring panjang dan berambut terurai.

2. Banaspati-raja : berwujud macan. Sering dari badannya keluar api, sehingga seperti harimau terbakar.

Hanya manusia yang telah melaksanakan dharma dan selalu ingat lan eling ngastiti bhakti ring Dewa Siwa (Ida Sang Hyang Widhi Wasa) badannya tidak bisa dilekati oleh para bhuta-bhuti dan Panca Mahabhuta (Sri Durga Dewi / akasa / timur, Dadari Durga / teja / selatan, Sukri Dewi / bayu / barat, Raji Durga / apah / utara, Dewi Durga / pertiwi / dalam tanah). Kalau manusia kuat dan mampu mengendalikan lima bhuta ini maka mereka akan menjadi sahabat manusia, dan sehatlah manusia. Tetapi kalau manusia mencemari unsur Panca Mahabhuta ini maka dimusuhilah dan krodalah dia menjadi durga menyebabkan manusia menjadi sakit.

Jogyakarta, 20 Oktober 2007

dr. Putu Melaya

RSUD Buol, 8 Nopember 2008

5 komentar:

  1. Tremakasih dr. Putu, sudah mau berbagi pengetahuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama.saya perlu pencerahan dan penuntun

      Hapus
  2. BAGI KAMU-KAMU SEMUA YANG MEMILIKI KETERTARIKAN TERHADAP DUNIA HOROR, SPRITUAL, MISTERY, DAN MIND TECHNOLOGY? KINI TELAH HADIR SIMPLE MISTERY ;
    1.MENGUNGKAPKAN FAKTA-FAKTA TERPENDAM YANG MELEGENDA SEMENJAK BERDEKADE SILAM,
    2.MENYAJIKAN FENOMENA-FENOMENA PIKIRAN YANG BERSELIMUT MITOS
    3.MENGHADIRKAN CERITA HOROR YANG SIAP MEMBUAT BULU KUDUK ANDA BERGIDIK
    4) MEMBERIKAN PENCERAHAN-PENCERAHAN ROHANI

    MEMILIKI 4 TOPIK PAMUNGKAS; MIND OF TECHNOLOGY, MISTERY, HOROR DAN SPRITUAL
    JADWAL UPDATE ;
    SENIN :SPRITUAL/MISTERY/MIND OF TECHNOLOGY
    KAMIS :HOROR
    PUKUL :22.00 WIB

    TANPA BASA-BASI YUK KLIK https://www.youtube.com/cha.../UC6_jM_-2IXGccVDZos9Uz9Q/feed JANGAN LUPA KLIK SUSCRIBE UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU

    WEB :www.SimpleMistery.com

    BalasHapus
  3. BAGI KAMU-KAMU SEMUA YANG MEMILIKI KETERTARIKAN TERHADAP DUNIA HOROR, SPRITUAL, MISTERY, DAN MIND TECHNOLOGY? KINI TELAH HADIR SIMPLE MISTERY ;
    1.MENGUNGKAPKAN FAKTA-FAKTA TERPENDAM YANG MELEGENDA SEMENJAK BERDEKADE SILAM,
    2.MENYAJIKAN FENOMENA-FENOMENA PIKIRAN YANG BERSELIMUT MITOS
    3.MENGHADIRKAN CERITA HOROR YANG SIAP MEMBUAT BULU KUDUK ANDA BERGIDIK
    4) MEMBERIKAN PENCERAHAN-PENCERAHAN ROHANI

    MEMILIKI 4 TOPIK PAMUNGKAS; MIND OF TECHNOLOGY, MISTERY, HOROR DAN SPRITUAL
    JADWAL UPDATE ;
    SENIN :SPRITUAL/MISTERY/MIND OF TECHNOLOGY
    KAMIS :HOROR
    PUKUL :22.00 WIB

    TANPA BASA-BASI YUK KLIK https://www.youtube.com/cha.../UC6_jM_-2IXGccVDZos9Uz9Q/feed JANGAN LUPA KLIK SUSCRIBE UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU

    WEB :www.SimpleMistery.com

    BalasHapus